Rabu, 02 November 2016

02-Agil bastira-STUDI KASUS

STUDI KASUS
Oleh: Agil .B
1.      Tips Traceroute
Traceroute  / tracert ( pada windows ) menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.

Cara Melakukan Traceroute :
1.         Klik Start –> Run
2.         Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
3.         Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) nama domain anda


Namun jika anda melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan request timed out pada hasil tracert anda, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda. Solusinya anda bisa menanyakan kepada pihak ISP (penyedia jasa internet) atau bisa didiskusikan dengan admin jaringan komputer anda  barangkali ada gangguan atau hal lainnya (qwords, 2010).

2.      Tips menggunakan PING dan ICMP

Menggunakan PING
1. Langkah Pertama
Buka Command Prompt (CMD), dengan cara klik START > pada kotak pencarian ketik kata kunci "CMD" > kemudian akan muncul program tersebut, lanjut klik kanan pada CMD lalu klik Run as Administration.

2. Langkah Kedua
Setelah program Command Prompt terbuka selanjutnya kita cek alamat Internet Protocol (IP).
Dengan cara berikut:
Ketik "ipconfig /all" (tanpa tanda petik) dan tekan tombol Enter sehingga muncul konfigurasi.
Scroll kebawah sehingga kamu akan menemukan angka DNS Server, ingat atau catat angka tersebut untuk kita ping koneksinya.
Jangan tutup Command Prompt tersebut.

3. Langkah Ketiga
Setelah kamu mendapatkan alamat atau angka DNS Server, langkah selanjutnya adalah inti dari tutorial ini yaitu cek ping koneksi internet.

Catatan :
500 : untuk mengirimkan data sebanyak 500 byte.
192.168.43.1 : angka atau nomor DNS Server yang sudah kita dapatkan pada langkah kedua.
-t : agar ping selalu terkoneksi dan tidak terputus (Bahri, 2015).

Menggunakan ICMP

Pada seri step by step kali ini kita akan mempelajari bagaimana langkah-langkah untuk mengijinkan protokol ICMP lewat melalui Windows 8 Firewall with Advanced Security.

a.          Tekan tombol Windows di keyboard anda, lalu ketik firewall (Step 1a) kemudian pilih Windows Firewall (Step 1b).
b.         Kemudian pilih Advanced settings untuk membuka Windows Firewall with Advanced Security. Untuk step ini type user account yang anda gunakan harus administrator.
c.          Klik Inbound rules (step 3a) lalu pilih New Rules (Step 3b).
d.         Pilih Custom (Step 4a), kemudian klik Protocol and Ports (Step 4b).
e.          Pada bagian protokol type, anda diminta untuk memilih jenis protokol. Pada bagian Protocol type pilih ICMPv4 (Step 5a), lalu klik Name (Step 5b).
f.          Pada bagian Name ketik nama rule baru yang telah anda buat, contoh: allow icmp (Step 6a). Kemudian klik Finish (Step 6b). Untuk mencoba apakah rules yang anda buat sudah berhasil, anda tinggal menjalankan perintah PING melalui command prompt ke IP Address komputer tujuan.

Suatu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para teknisi jaringan yaitu mematikan firewall untuk memperbolehkan protokol tersebut lewat, yang artinya anda tidak hanya mengijinkan satu protokol (ICMP) lewat, tapi mengijinkan seluruh protokol dan services untuk bisa lewat dari komputer anda (Nst, 2015).


3.      IPX
IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare (Gates, 2012).


4.      IPX dan MTU
IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless), seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan protokol TCP/IP. Selain membutuhkan protokol IPX, Novell Netware juga membutuhkan protokol tingkat tinggi bernama Sequenced Packet Exchange (SPX) dan Network Control Protocol (NCP) (wikipedia, 2010).
Uunit Transmisi Maksimum (Bahasa Inggris: Maximum Transmission Unit) adalah istilah dalam teknologi informasi yang merujuk kepada ukuran paket data terbesar yang dapat ditransmisikan melalui sebuah media jaringan. Ukuran MTU adalah bervariasi, tergantung teknologi jaringan yang digunakan (Wikipedia, 2010).


Sekolah           : SMKIslam 1 Blitar

Hobby             : Bermain

Motto              : ”Berfikirlah Sebelum Bertindak”

Pelajaran        : Rancang Bangun Jaringan


Jika ingin downliad klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar