Rabu, 02 November 2016

02-Agil Bastira-Troubleshooting lapisan sesi jaringan WAN

Troubleshooting lapisan sesi jaringan WAN
Oleh: Agil bastira

1.      NetBIOS over IPX
NetBIOS over IPX adalah implementasi yang dilakukan Novell, dimana NetBIOS menggunakan datagram IPX untuk membawa protokol frame NetBIOS. Dalam jaringan IPX / SPX, alamat 48 bit (biasanya alamat MAC) mengidentifikasi sebuah node pada jaringan dan alamat 32 bit mengidentifikasi setiap jaringan. Jadi IPX adalah protokol routable yang membutuhkan sedikit administrasi, yang membuatnya menjadi berguna untuk penerapan dengan NetBIOS (Yuniarka, 2016).

NetBIOS melalui protokol IPX adalah varian dari berbagai implementasi protokol API NetBIOS, lihat halaman NetBIOS untuk informasi lebih lanjut. NetBIOS over IPX Ini adalah usang dan digantikan oleh NetBIOS over TCP / IP (lihat NetBIOS) (wireshark, 2008).

2.      NetBIOS over TCP / IP
NetBIOS over TCP/IP (sering disingkat menjadi NBT atau NetBT) adalah sebuah protokol jaringan yang mengizinkan aplikasi jaringan komputer yang lama yang menggunakan Application Programming Interface (API) NetBIOS agar dapat digunakan di dalam jaringan modern berbasis protokol TCP/IP (Wikipedia, 2010).

NetBIOS over TCP / IP dijelaskan di RFC 1001 dan RFC 1002. Perhatikan bahwa ketika tinggi protokol level seperti SMB atau CIFS diimplementasikan melalui TCP / IP mereka sebenarnya dilaksanakan selama NetBIOS over TCP / IP (Evans, 1998-2003).

3.      NetWare layanan iklan protokol (SAP)
Layanan Advertisement Protocol (SAP) adalah sebuah protokol IPX yang melalui jaringan seperti file server dan print server mengiklankan alamat dan layanan yang mereka berikan. Iklan dikirim melalui SAP setiap 60 detik. Layanan dikenal dengan angka heksadesimal yang disebut SAP identifier (misalnya, 4 = file server, dan 7 = print server).

SAP (Service Adverstisment Protocol) adalah sebuah protokol IPX yang melalui jaringan seperti file server dan print server mengiklankan alamat dan layanan yang mereka berikan. SAP ini mengijinkan node untuk menyiarkan alamat dan layanan IPX.

SAP (Service Advertising Protocol) adalah protokol didalam jaringan IPX (milik Novell), SAP digunakan memberikan informasi kepada host2 dalam jaringan IPX apakah sebuah service sedang aktif atau tidak didalam jaringan. Biasanya digunakan oleh server2 untuk memberikan informasi apakah service yang mereka miliki dapat digunakan atau service tersebut dalam keadaan tidak aktif. Server tersebut akan melakukan advertise dengan menggunkan SAP (panarobost, 2011).

Daftar pustaka

Evans, T. D. (1998-2003). NetBIOS, NetBEUI, NBF, NBT, NBIPX, SMB, CIFS. Retrieved November 2, 2016, from http://timothydevans.me.uk/nbf2cifs/nbf2cifs.pdf

panarobost. (2011, 04 25). SAP (Service Advertising Protocol). Retrieved November 2, 2016, from http://irwanpanarobost.blogspot.co.id/2011/04/sap-service-advertising-protocol.html

Wikipedia. (2010). NetBIOS over TCP/IP. Retrieved November 2, 2016, from https://id.wikipedia.org/wiki/NetBIOS_over_TCP/IP

wireshark. (2008, 04 12). NetBIOS over IPX. Retrieved November 2, 2016, from https://wiki.wireshark.org/NetBIOS/IPX

Yuniarka, R. (2016, 1 2). NetBIOS over IPX, NetBIOS over TCP / IP, NetWare layanan iklan protokol (SAP). Retrieved 11 02, 2016, from http://rahma-happy-world.blogspot.co.id/2016/01/netbios-over-ipx-netbios-over-tcp-ip.html


Sekolah           : SMKIslam 1 Blitar
Hobby             : Bermain
Motto              : ”Berfikirlah Sebelum Bertindak”
Pelajaran          : Rancang Bangun Jaringan

Jika ingin downliad klik disini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar