Selasa, 20 September 2016

02-Agil Bastira-Troubleshooting Lapisan Aplikasi LAN


Troubleshooting Lapisan Aplikasi LAN
Oleh: Agil Bastira



1.      Aplication Layer :
Lapisan ke-7 ini menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dg layanan jaringan. Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya. Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan (diary, 2014)

2.      TCP/IP

TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data. TCP/IP saat ini dipergunakan dalam banyak jaringan komputer lokal (LAN) yang terhubung ke Internet (tipnya, 2013).

3.      DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan sistem pengalamatan atau pendistribusian yang secara otomatis akan memberikan IP Address kepada Host/Komputer atau Client pada layanan TCP/IP yang memintanya. Komputer atau perangkat yang memberikan IP Address dinamakan sebagai DHCP Server. sedangkan komputer atau perangkat yang meminta IP Address dinamakan sebagai DHCP Client. dengan demikian DHCP juga disebut dengan arsitektur yang berbasis client server (Imchunk, 2015).

4.      FTP (File Transfer Protokol)

Protokol internet yang berjalam dalam layer aplikasi yang merupakan standar untuk mentransfer file komputer antar mesin-mesin dalam sebuat jaringan internet.

5.      Tenet

Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.

Fungsi utama dari telnet adalah mengakses komputer (host/server) dari jauh/Remote login. Telnet adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log in) sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada dikomputer tersebut (Kusnadi, 2013).

6.      NFS(Network File System)

NFS adalah salah satu layanan yang dapat memungkinkan suatu komputer melakukan proses mount direktori atau peralatan pada komputer lain. Network File System awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1984. NFS memungkinkan seorang user pada komputer klien untuk mengakses file dalam sebuah  jaringan, seperti halnya mengakses local storage. Hal ini dapat terjadi melalui proses exporting (Proses dimana NFS server menyediakan remote client dengan akses terhadap file di dalamnya) dan mounting.

Fungsi uama Network File System adalah Melakukan File sharing antara komputer-komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Menjembatani akses data secara bersamaan dari server yang berbeda-beda (Ridha, 2011).

7.      HTTP dan HTTPS

Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris yang bernama Tim Berners Lee.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) fungsi di bidang keamanan (secure). HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443 (Astriani, 2013).


Daftar Pustaka

Astriani, D. (2013, 01 30). Perbedaan http dan https. Retrieved 09 20, 2016, from http://ilmukomputer.org/2013/01/30/perbedaan-http-dan-https/
diary. (2014, 01). Pengertian 7 OSI Layer dan TCP/IP Beserta Fungsinya. Retrieved 09 20, 2016, from http://www.diarypc.com/2014/01/pengertian-7-osi-layer-dan-tcpip.html
Imchunk. (2015, 04). Pengertian Dan Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Retrieved 09 20, 2016, from http://imchunkz.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-dan-fungsi-dhcp-dynamic-host.html
Kusnadi, E. (2013, 10 02). Pengertian dan Fungsi Dari Telnet (Telecommunication Network). Retrieved 09 20, 2016, from http://mypctutorel.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-dan-fungsi-dari-telnet.html
Ridha. (2011, 11 08). NFS (Network File System ). Retrieved 09 20, 2016, from http://tugassiswi.blogspot.co.id/2011/11/nfs-network-file-system.html
tipnya. (2013, 30). Pengertian, Arti dan Fungsi TCP / IP pada jaringan komputer. Retrieved 09 20, 2016, from http://tipnya.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-dan-fungsi-tcp-ip-pada.html


Sekolah           : SMKIslam 1 Blitar
Hobby             : Bermain
Motto              : ”BerfikirlahSebelumBertindak”
Pelajaran          : Troubelshooting
Jika Anda Ingin Mendownload File ini klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar