Prinsip Pembuatan Buku panduan
Oleh: Agil Bastira
Prinsip-prinsip yang akan digunakan dalam
kegiatan pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau
hukum yang akan menjiwai suatu kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum, dapat
menggunakan prinsip-prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari
atau justru menciptakan sendiri prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam
implementasi kurikulum di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi
penggunaan prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di
lembaga pendidikan lainnya, sehingga akan ditemukan banyak sekali
prinsip-prinsip yang digunakan dalam suatu pengembangan kurikulum.
1. Prinsip relevansi
Prinsip
relevansi; secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen
kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara
eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan
ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi
peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan
masyarakat (relevansi sosilogis) (SUDRAJAT, 2008) .
Prinsip
Relevansi ada dua jenis, yaitu Relevansi Eksternal dan Internal
1. Relevasi eksternal artinya bahwa
kurikulum hrus sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat baik pada masa
kini maupun masa yang akan datang
2. Relevasi Internal yaitu kesesuaian
antara komponen kurikulum itu sendiri (upi) .
2. Prinsip
konsistensi
akuntansi
terdapat beberapa metode yang dipergunakan, misalnya dalam menilai persediaan,
menafsir kerugian piutang tak tertagih, penyusutan aktiva tetap. Sekali suatu
metode telah terpilih, secara konsisten harus dipertahankan dari period ke
period selanjutnya. Dengan demikian, laporan keuangan dapat diperbandingkan di
antara interval waktu tertentu. Hal ini tidak berarti bahwa akuntan mengabaikan
sama sekali kemungkinan adanya perubahan. Apabila terjadi perubahan ke metode
lain, catatan kaki harus dibuat, yang ditunjukkan pengaruhnya sebagai akibat
dari adanya perubahan metode tersebut.
Konsistensi
merupakan prinsip akuntansi yang menuntut diterapkannya standar secara
terus-menerus, tidak diubah-ubah kecuali dengan alasan yang dapat dibenarkan.
Perubahan kadang dimungkinkan dan dibenarkan agar laporan keuangan dapat
menyajikan posisi keuangan organisasi yang sebenarnya dan untuk menghindari
informasi yang menyesatkan (Indonesia) .
3. Prinsip
kecukupan
Prinsip
kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu
siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu
sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang
membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika
terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya.
Kecukupan
(adequacy) atau memadainya cakupan materi juga perlu diperhatikan dalam
pengertian. Cukup tidaknya aspek materi dari suatu materi pembelajaran akan
sangat membantu tercapainya penguasaan kompetensi dasar yang telah ditentukan.
Cakupan atau ruang lingkup materi perlu ditentukan untuk mengetahui apakah
materi yang harus dipelajari oleh murid terlalu banyak, terlalu sedikit, atau
telah memadai sehingga sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai (SUDRAJAT,
Konsep Pengembangan Bahan Ajar, 2008) .
Kecukupan
Artinya bahan ajar yang dipilih/ dikembangkan ada jaminan memadai/ mencukupi
untuk mencapai kompetensi yang dibelajarkan; tidak terlalu sedikit sehingga
kurang menjamin tercapainya KD/SK. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan
tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai
SK dan KD. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga
yang tidak perlu untuk mempelajarinya (maulana, 2012) .
Daftar pustaka
Indonesia, B. (n.d.). Konsistensi Penyajian
Laporan Keuangan. Retrieved 8 18, 2016, from
http://www.beastudiindonesia.net/konsistensi-penyajian-laporan-keuangan/
maulana, N.
(2012, 3 12). PRINSIP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Retrieved 8 18, 2016,
from
http://maulanikmatul.blogspot.co.id/2012/03/prinsip-pengembangan-bahan-ajar.html
SUDRAJAT, A.
(2008, 3 4). Konsep Pengembangan Bahan Ajar. Retrieved 8 18, 2016,
from https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/04/konsep-pengembangan-bahan-ajar-2/
SUDRAJAT, A.
(2008, 1 31). Prinsip Pengembangan Kurikulum. Retrieved 8 18, 2016,
from
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
upi. (n.d.). Perinsip
perkembangan kurikulum. Retrieved 8 18, 2016, from
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/196610191991021-RUDI_SUSILANA/KP3-PRINSIP_PENGKUR.pdf
Nama:Agil Bastira
Sekolahan: SMK Islam 1
Blitar
Motto:”Berpikirlah
sebelum Bertindak”
Anda suka dengan pendapat
saya link download ada disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar