Rabu, 24 Agustus 2016

02-Agil Bastira-troubleshooting session layer


Troubleshooting session layer
Oleh: Agil Bastira
1.      DNS (Domain Name System)
DNS (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain.

Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6) (wikipedia).

2.      NetBIOS

NetBIOS Adalah suatu antarmuka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fungsi protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fungsi protokol ini berkisar di atas tiga layer paling atas (session, presentation dan aplication). Dalam model ISO, NetBIOS memberikan suatu interface standard bagi layer dibawahnya.NetBIOS juga dapat digunakan sebagai sebuah API (Application Program Interface) untuk pertukaran data. Ia memberi programmer akses ke berbagai sumber data untuk menciptakan hubungan dua komputer atau antara dua aplikasi pada komputer yang sama (azizizzu, 2011).

NetBIOS melayani 3 fungsi jaringan yaitu sebagai berikut,
·         Naming Services
Dipergunakan untuk menyebarkan nama group, user dan komputer ke jaringan. Ia juga bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.
·         DataGram Support
Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.
·         Session Support
Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali.


3.      Network Componen  --->> Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.  (riski, 2012).
4.      Protokol-protokolnya

·         Names pipes

Dalam komputasi , pipa bernama ( juga dikenal sebagai FIFO untuk perilakunya ) merupakan perluasan konsep pipa tradisional di Unix dan sistem Unix - seperti , dan merupakan salah satu metode komunikasi antar - proses ( IPC ) . Konsep ini juga ditemukan dalam OS / 2 dan Microsoft Windows, meskipun semantik berbeda secara substansial . Sebuah pipa tradisional " yang tidak disebutkan namanya " dan berlangsung hanya selama proses. Sebuah pipa bernama , bagaimanapun, dapat berlangsung selama sistem ini sampai , di luar kehidupan proses. Hal ini dapat dihapus jika tidak lagi digunakan . Biasanya pipa bernama muncul sebagai file , dan umumnya proses-proses melampirkan untuk komunikasi antar - proses (wikipedia, Named pipe).

·         Mail Slots

Mailslot adalah mekanisme komunikasi antar satu arah , yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, yang memungkinkan komunikasi antara proses baik lokal dan melalui jaringan . Penggunaan Mailslots umumnya lebih sederhana dari pipa bernama atau soket ketika sejumlah relatif kecil dari pesan yang relatif singkat diharapkan untuk ditransmisikan , seperti misalnya pesan negara - perubahan jarang, atau sebagai bagian dari protokol peer- penemuan . Mekanisme mailslot memungkinkan untuk siaran pesan singkat ( " datagram " ) untuk semua komputer mendengarkan seluruh domain jaringan (wikipedia, MailSlot).

·         RPC

Remote Procedure Call  adalah suatu protocol yang menyediakan suatu  mekanisme komunikasi antar proses yang  mengijinkan suatu program untuk berjalan  pada suatu komputer tanpa terasa ada nya eksekusi kode pada sistem yang jauh  ( remote system ). (Newmarch, 1995). RPC mengasumsikan keberadaan dari low-level  protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam  komunikasi suatu program. Protokol RPC dibangun diatas protokol  eXternal Data Representation (XDR), yang merupakan standar  dari representasi data dalam  komunikasi  remote . Protokol XDR mengubah parameter  dan hasil dari tiap servis  RPC yang disediakan.  komunikasi  remote . Protokol XDR mengubah parameter  dan hasil dari tiap servis  RPC yang disediakan (repisotory). 

Daftar pustaka

azizizzu. (2011, 2 8). NetBIOS. Retrieved 8 24, 2016, from http://azizizzu.blogspot.co.id/2011/02/netbios.html

repisotory. (n.d.). LANDASAN TEORI. Retrieved 8 24, 2016, from http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24126/4/Chapter%20II.pdf

riski, d. (2012, 7 10). PENGERTIAN GATEWAY DAN KONSEP KERJANYA . Retrieved 8 24, 2016, from http://daristkj.blogspot.co.id/2012/07/pengertian-gateway-dan-konsep-kerjanya.html

wikipedia. (n.d.). MailSlot. Retrieved 8 24, 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/MailSlot

wikipedia. (n.d.). Named pipe. Retrieved 8 24, 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/Named_pipe

wikipedia. (n.d.). Sistem Penamaan Domain. Retrieved 8 24, 2016, from https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain


Nama:Agil Bastira

Sekolahan: SMK Islam 1 Blitar

Motto:”Berpikirlah sebelum Bertindak”

Anda suka dengan pendapat saya link download ada disini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar