Rabu, 24 Agustus 2016

02-Agil Bastira-Pengemasan Hasil Kerja Proyek

Pengemasan Hasil Kerja Proyek
Oleh: Agil Bastira
1.      Target Market
Pasar sasaran (Target Market) adalah :  Sekelompok konsumen atau pelanggan yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.

Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Segmentasi  Pasar
2. Penetapan  Pasar  Sasaran
3. Penempatan  Produk
Target Market merupakan kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka dalam hal ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang. Teknik-teknik yang dipergunakan ini sangat bermanfaat dalam memilih pasar sasaran, sehingga pemasar dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan yang bakal terjadi, atau paling tidak menguranginya sekecil mungkin dalam prakteknya. Maka untuk tujuan tersebut perusahaan harus membagi-bagi pasar menjadi segmen-segmen pasar utama, setiap segmen pasar kemudian dievaluasi, dipilih dan diterapkan segmen tertentu sebagai sasaran (pemasaran, t.thn.).

2.      Ergonomis
Ergonomis adalah ”Ilmu” atau pendekatan multidisipliner yang bertujuan mengoptimalkan sistem manusia-pekerjaannya, sehingga tercapai alat, cara dan lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan efisien.

Ergonomis adalah ilmu, seni, dan penerapan teknologi untuk menyerasikan atau menyeimbangkan antara segala fasilitas yang digunakan baik dalam beraktifitas maupun istirahat dengan kemampuan dan keterbatasan manusia baik fisik maupun mental sehingga kualitas hidup secara keseluruhan menjadi lebih baik

Ergonomsi adalah ilmu dari pembelajaran multidisiplin ilmu lain yang  menjembatani beberapa disiplin ilmu dan professional, serta merangkum informasi, temuan, dan prinsip dari masing-masing keilmuan tersebut. Keilmuan yang dimaksud antara lain ilmu faal, anatomi, psikologi faal, fisika, dan teknik (merulalia, 2011).

3.      Ciri khas
Sampai saat ini, sudah banyak jenis dan Model kemasan yang menarik. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya," ungkap Amelia(kompas, 2012).

4.      Ukuran
untuk menyamakan persepsi ukuran-ukuran yang akan dilaksanakan antara gambar perencanaan dengan ukuran sebenarnya di lokasi, perlu dilakukan marking oleh kontraktor untuk penentuan ukuranukuran yang akan dilaksanakan atas dasar kondisi sebenarnya di lokasi proyek. Hasil marking tersebut harus disetujui oleh Konsultan Pengawas/MK dan Perencana(krl, t.thn.).

5.      Spesial pack
lakukan promosi disaat hari atau momen acara besar. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik(refdino, 2013).



Daftar pustaka

kompas. (2012, 2 17). 5 Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved from http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk

krl. (n.d.). B.1. SPESIFIKASI TEKNIS PEKERJAAN INTERIOR. Retrieved from http://www.krl.co.id/images/stories/dokumen/Lamp_Spek_Renov_Juanda.pdf

merulalia. (2011, 1 17). Pengertian Ergonomis. Retrieved from https://merulalia.wordpress.com/2011/01/17/pengertian-ergonomi/

pemasaran. (n.d.). pemasaran. Retrieved from https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/

refdino, a. (2013, 6 10). CARA MENENTUKAN KEMASAN PRODUK. Retrieved from
 http://assharrefdino.blogspot.co.id/2013/06/cara-menentukan-kemasan-produk.html




Nama               :Agil Bastira

Sekolahan        : SMK Islam 1 Blitar

Motto               :”Berfikirlah Sebelum bertindak”

Jika anda ingin mengunduh atau mendownload file ini
Anda bisa download di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar