Pengemasan Hasil Kerja Proyek
Oleh: Agil Bastira
1.
Target Market
Pasar sasaran (Target
Market) adalah : Sekelompok konsumen
atau pelanggan yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah
perusahaan.
Dalam menerapkan pasar
sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Segmentasi Pasar
2. Penetapan Pasar Sasaran
3. Penempatan Produk
Target Market merupakan
kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar
yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan
segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah
menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka
dalam hal ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur
potensi pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang.
Teknik-teknik yang dipergunakan ini sangat bermanfaat dalam memilih pasar
sasaran, sehingga pemasar dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan yang bakal
terjadi, atau paling tidak menguranginya sekecil mungkin dalam prakteknya. Maka
untuk tujuan tersebut perusahaan harus membagi-bagi pasar menjadi segmen-segmen
pasar utama, setiap segmen pasar kemudian dievaluasi, dipilih dan diterapkan
segmen tertentu sebagai sasaran (pemasaran, t.thn.) .
2.
Ergonomis
Ergonomis adalah ”Ilmu”
atau pendekatan multidisipliner yang bertujuan mengoptimalkan sistem
manusia-pekerjaannya, sehingga tercapai alat, cara dan lingkungan kerja yang
sehat, aman, nyaman, dan efisien.
Ergonomis adalah ilmu,
seni, dan penerapan teknologi untuk menyerasikan atau menyeimbangkan antara
segala fasilitas yang digunakan baik dalam beraktifitas maupun istirahat dengan
kemampuan dan keterbatasan manusia baik fisik maupun mental sehingga kualitas
hidup secara keseluruhan menjadi lebih baik
3.
Ciri khas
Sampai
saat ini, sudah banyak jenis dan Model kemasan yang
menarik. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan
unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari
produk yang dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat
pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk
sejenisnya," ungkap Amelia(kompas, 2012) .
4.
Ukuran
untuk menyamakan
persepsi ukuran-ukuran yang akan dilaksanakan antara gambar perencanaan dengan
ukuran sebenarnya di lokasi, perlu dilakukan marking oleh kontraktor untuk
penentuan ukuranukuran yang akan dilaksanakan atas dasar kondisi sebenarnya di
lokasi proyek. Hasil marking tersebut harus disetujui oleh Konsultan
Pengawas/MK dan Perencana(krl, t.thn.) .
5.
Spesial pack
lakukan
promosi disaat hari atau momen acara besar. Misalnya saat momen hari raya, tak
ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai
penawaran promo yang menarik(refdino, 2013) .
Daftar
pustaka
kompas. (2012, 2 17). 5 Cara Menentukan Kemasan
Produk. Retrieved from http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
krl. (n.d.). B.1. SPESIFIKASI
TEKNIS PEKERJAAN INTERIOR. Retrieved from
http://www.krl.co.id/images/stories/dokumen/Lamp_Spek_Renov_Juanda.pdf
merulalia. (2011, 1 17). Pengertian
Ergonomis. Retrieved from
https://merulalia.wordpress.com/2011/01/17/pengertian-ergonomi/
pemasaran. (n.d.). pemasaran.
Retrieved from https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/
refdino, a. (2013, 6 10). CARA
MENENTUKAN KEMASAN PRODUK. Retrieved from
http://assharrefdino.blogspot.co.id/2013/06/cara-menentukan-kemasan-produk.html
Nama :Agil Bastira
Sekolahan : SMK Islam 1 Blitar
Motto
:”Berfikirlah Sebelum
bertindak”
Jika
anda ingin mengunduh atau mendownload file ini
Anda
bisa download di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar