Rabu, 12 Oktober 2016

02-Agil Bastira-Pemecahan Masalah lapisan fisik jaringan WAN

Troubleshooting fisik WAN
Oleh: Agil Bastira

1. SNMP

SNMP adalah sebuah protokol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja.

Manajer adalah pelaksana dan manajemen jaringan. Pada kenyataannya manager ini merupakan komputer biasa yang ada pada jaringan yang mengoperaksikan perangkat lunak untuk manajemen jaringan. Manajer ini terdiri atas satu proses atau lebih yang berkomunikasi dengan agen-agennya dan dalam jaringan. Manajer akan mengumpulkan informasi dari agen dari jaringan yang diminta oleh administrator saja bukan semua informasi yang dimiliki agen.

2. Ethernet ISU Wiring 42

Ethernet ISU Wiring 42 Keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN) yang biasanya menghubungkan banyak perangkat yang relatif dekat satu sama lain (Prasetio, 2016).

3. Fast Ethernet 51

merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik. Standar-standar yang dibuat untuk teknologi ini adalah 100BaseTX, 100BaseFX, 100BaseT4, dan 100BaseVG. Disebut juga 100BaseX (Wikipedia, 2001).

4. token Ring Wiring 52

Sebuah arsitektur baseband yang menggunakan sinyal digital. Dalam cara itu, hal tersebut menyerupai Ethernet, tetapi proses komunikasinya cukup berbeda pada banyak aspek. Token Ring merupakan sebuah arsitektur yang dapat diandalkan, dan skema lintasan tokennya menghapuskan tubrukan-tubrukan data. MSAUS dapat mendeteksi kegagalan kartu jaringan dan secara otomatis memutuskan hubungannya dari ring, jadi itu memungkinkan token untuk terus mengitari ring.

Token Ring adalah sebuah arsitektur baseband yang menggunakan sinyal digital. Dalam cara itu, hal tersebut menyerupai Ethernet, tetapi proses komunikasinya cukup berbeda pada banyak aspek. Token Ring merupakan suatu topologi aktif, seperti sinyal berjalan mengintari lingkaran ke tiap kartu jaringan, hal itu di perbarui sebelum dikirim dengan caranya.  (Wikipedia, Gelang kepingan, 2006).

5. Encoding Bits Ke The Media

Untuk pensinyalan digital, suatu sumber data dapat berupa digital atau analog yang di encode   menjadi suatu sinyal digital.Dan untuk pensinyalan analog, input sinyal dapat berupa analog atau digital dan disebut sinyal pemodulasi (sinyal baseband), yang dimodulasi menjadi sinyal termodulasi.Dasarnya adalah untuk memodulasi sinyal carrier yang sesuai dengan medium transmisinya. Modulasi adalah proses encoding sumber data dalam suatu sinyal carrier dengan frekuensi (kelihatanya, 2011).











Daftar pustaka


kelihatanya. (2011, 10 26). Pengertian Encoding . Retrieved 10 12, 2016, from http://kelihatannya.blogspot.co.id/2011/10/encoding-data.html

OKTATHEA. (2011, 11 15). PENGERTIAN SNMP (SIMPLE NETWORK MANAGEMENT PROTOCOL). Retrieved 10 12, 2016, from https://oktathea.wordpress.com/2011/11/15/pengertian-snmp-simple-network-management-protocol/

Prasetio, R. (2016, 09 10). Troubleshooting Lapisan Fisik Jaringan WAN. Retrieved 10 12, 2016, from http://zonaakomputer.blogspot.co.id/2016/09/troubleshooting-lapisan-fisik-jaringan.html

Wikipedia. (2001). Fast_Ethernet. Retrieved 10 12, 2016, from https://id.wikipedia.org/wiki/Fast_Ethernet

Wikipedia. (2006). Gelang kepingan. Retrieved 10 11, 2016, from https://id.wikipedia.org/wiki/Gelang_kepingan

Sekolah           : SMKIslam 1 Blitar
Hobby             : Bermain
Motto             : ”Berfikirlah Sebelum Bertindak”
Pelajaran         : Rancang Bangun Jaringan
Jika ingin downliad klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar