1.Definisi
kebutuhan pelanggan
Pelanggan atau langganan merujuk pada individu
atau rumah tangga,
perusahaan
yang membeli barang
atau jasa
yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, kata ini sering pula diartikan sebagai
seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu. Dalam
berbagai pendekatan, tergantung dari sifat dari industri
atau budaya.
Maknanya adalah pihak ketiga di luar sistem
perusahaan yang karena sebab tertentu, membeli barang
atau jasa
perusahaan.
Khusus untuk nasabah, istilah ini digunakan mewakili pihak yang menggunakan
jasa bank, baik itu untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi
keperluan pihak lain.
2.Kebutuhan pelanggan
Pepatah yang
mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar.Mereka
mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan
merekauntuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran.
Rahasia bisnis
yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat
mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. (SSBelajar,
2016)
Kebutuhan pelanggan dapat didefinisikan sebagai barang atau jasa yang
dibutuhkannya untuk mencapai tujuan tertentu. Pelanggan memiliki kebutuhan yang
berbeda tingkatannya dan pengharapan pelanggan biasanya dipengaruhi oleh
nilai-nilai budaya,
iklan,
pemasaran,
serta bentuk komunikasi lain, baik dari pemasok
maupun sumber-sumber lainnya. (Wikipedia, 2014)
Kebutuhan maupun
pengharapan pelanggan dapat ditentukan melalui wawancara,
survei,
perbincangan, penggalian data, atau metode-metode pengumpulan
informasi
lainnya. Pelanggan mungkin tak memiliki pemahaman jelas mengenai kebutuhannya.
Bantuan untuk menentukan kebutuhan dapat menjadi suatu layanan yang berharga
bagi pelanggan. Pada proses ini, pengharapan dapat diatur atau disesuaikan
dengan kemampuan produk atau jasa tertentu.
Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi
target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau
negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum,
kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi
untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk
mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan
data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai
tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi
diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu
atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target
segmen. (nurfadli, 2015) (Alamy, 2013) (ratni_itp,
2012)
3.Faktor – faktor yang dapat
mempengaruhi:
Faktor
internal meliputi : Faktor eksternal
meliputi :
a. Motivasi a. Keluarga
b. Persepsi b.
Kelas Sosial
c. Sikap c.
Kebudayaan
d. Gaya Hidup d.
Kelompok Referensi
e. Kepribadian
f. Belajar
Daftar pustaka
Alamy,
a. (2013, 11 29). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN .
Retrieved 8 4, 2016, from FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN :
http://alamiami.blogspot.co.id/2013/12/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku.html
nurfadli, a.
(2015, 3 10). perilaku konsumen. Retrieved 8 4, 2016, from perilaku
konsumen: https://mistercela21.wordpress.com/2010/03/15/perilaku-konsumen/
ratni_itp. (2012,
6 7). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN. Retrieved 8
4, 2016, from FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN:
http://ratni_itp.staff.ipb.ac.id/2012/06/07/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/
SSBelajar. (2016,
8 3). Kebutuhan Pelanggan. Retrieved 8 4, 2016, from Retrieved:
http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Wikipedia. (2014,
2 18). Pelanggan. Retrieved 8 4, 2016, from Pelanggan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pelanggan
Nama : Agil Bastira
Sekolahan : SMK Islam 1 Blitar
Hobby : Berenang
Apabila anda suka dengan kesimpulan saya silakan
download disini
kalau ada kurangnya dari blog saya silakan komentar agar blog saya
semakin baik lagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar