Kamis, 28 Juli 2016

Kebutuhan Pelanggan


1.Definisi kebutuhan pelanggan
           Pelanggan atau langganan merujuk pada individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, kata ini sering pula diartikan sebagai seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu. Dalam berbagai pendekatan, tergantung dari sifat dari industri atau budaya. Maknanya adalah pihak ketiga di luar sistem perusahaan yang karena sebab tertentu, membeli barang atau jasa perusahaan. Khusus untuk nasabah, istilah ini digunakan mewakili pihak yang menggunakan jasa bank, baik itu untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi keperluan pihak lain.

2.Kebutuhan pelanggan
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar.Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan merekauntuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran.
Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. (SSBelajar, 2016)
      Kebutuhan pelanggan dapat didefinisikan sebagai barang atau jasa yang dibutuhkannya untuk mencapai tujuan tertentu. Pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda tingkatannya dan pengharapan pelanggan biasanya dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya, iklan, pemasaran, serta bentuk komunikasi lain, baik dari pemasok maupun sumber-sumber lainnya. (Wikipedia, 2014)

           Kebutuhan maupun pengharapan pelanggan dapat ditentukan melalui wawancara, survei, perbincangan, penggalian data, atau metode-metode pengumpulan informasi lainnya. Pelanggan mungkin tak memiliki pemahaman jelas mengenai kebutuhannya. Bantuan untuk menentukan kebutuhan dapat menjadi suatu layanan yang berharga bagi pelanggan. Pada proses ini, pengharapan dapat diatur atau disesuaikan dengan kemampuan produk atau jasa tertentu.

 Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target segmen. (nurfadli, 2015) (Alamy, 2013) (ratni_itp, 2012)

3.Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi:
Faktor internal meliputi :                              Faktor eksternal meliputi :
a. Motivasi                                                  a. Keluarga
 b. Persepsi                                                 b. Kelas Sosial
c. Sikap                                                      c. Kebudayaan
d. Gaya Hidup                                            d. Kelompok Referensi
e. Kepribadian
f. Belajar

Daftar pustaka

Alamy, a. (2013, 11 29). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN . Retrieved 8 4, 2016, from FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN : http://alamiami.blogspot.co.id/2013/12/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku.html
nurfadli, a. (2015, 3 10). perilaku konsumen. Retrieved 8 4, 2016, from perilaku konsumen: https://mistercela21.wordpress.com/2010/03/15/perilaku-konsumen/
ratni_itp. (2012, 6 7). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN. Retrieved 8 4, 2016, from FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN: http://ratni_itp.staff.ipb.ac.id/2012/06/07/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/
SSBelajar. (2016, 8 3). Kebutuhan Pelanggan. Retrieved 8 4, 2016, from Retrieved: http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Wikipedia. (2014, 2 18). Pelanggan. Retrieved 8 4, 2016, from Pelanggan: https://id.wikipedia.org/wiki/Pelanggan


 
Nama          : Agil Bastira
Sekolahan   : SMK Islam 1 Blitar
Hobby        : Berenang
Apabila anda suka dengan kesimpulan saya silakan download disini
 

kalau ada kurangnya dari blog saya silakan komentar agar blog saya semakin baik lagi

 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar