Rabu, 16 November 2016

02-Agil Bastira-Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN

Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN
Oleh: Agil Bastira


1.      HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan server (Wikipedia, 2016).

2.      Netware Inti Protocol (NCP)
NCP (NetWare Core Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan dalam beberapa produk dari Novell, Inc Hal ini biasanya berhubungan dengan sistem operasi NetWare, tetapi bagian dalamnya telah diimplementasikan pada platform lain seperti Linux, Windows NT dan berbagai rasa dari Unix. Hal ini digunakan untuk mengakses file, cetak, direktori, sinkronisasi jam, pesan, perintah eksekusi remote dan fungsi jaringan layanan lainnya. Novell eDirectory menggunakan NCP untuk perubahan data sinkronisasi antara server di pohon layanan direktori.



3.      Jaringan Lambat
Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengatur (seeting) Bandwidth Bandwidth atau batasan dalam kecepatan internet provider tertentu sebenarnya dapat sedikit kita akali dan kita atur. Jika secara default windows kita mengatur besaran bandwidth untuk internet sebesar 20%, tugas kita sekarang adalah mengubahnya menjadi 0% sehingga akan lebih maksimal.

4.      Jaringan Lambat II
Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengganti DNS server Mengganti dns merupakan salah satu trik yang juga dapat kita lakukan untuk memaksimalkan kecepatan internet kita. Berikut cara seeting DNS di perangkat kita (Hendri, 2014).


5.      Studi Kasus: Koneksi Server turun
Langkah pertama : ( Ini sering terjadi pada paket 384 M dan 512 M ) Jika modem tidak pernah Off/dimatikan ( menyala 24 jam x 7 hari x 4 minggu x 12 bulan ) maka yang seperti itu jangan dilakukan lagi, secara logika jika suatu alat bekerja secara terus menerus dan menghasilkan panas yang berlebih, maka akan mempengaruhi kinerja dari alat itu sendiri, sama halnya dengan modem, jika dipaksakan menyala secara terus menerus maka ya pasti kinerja dari modem itu sendiri akan terganggu oleh panas yang berlebih. Maka solusinya yang pertama adalah menambahkan pendingin / kipas yang diletakkan pada bagian bawah Modem. Kedua adalah menggunakan 2 modem secara bergantian, ini sangat efektif dilakukan selain untuk menghindari panas yang berlebih, penggunaan dua modem secara bergantian memungkinkan kita mendapat settingan IP address server terbaru, karena sekarang ini server sering banget down (Siswidyantoro, 2011).


6.      Server Massage Block (SMB)
Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA (Wikipedia, Server Message Block, 2016).

7.      MS Browser Protokol
layanan browser atau komputer Browser Service [1] adalah fitur dari Microsoft Windows agar pengguna mudah menelusuri dan menemukan sumber daya bersama di komputer tetangga. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan informasi dalam satu komputer "Browse Master" (atau "Master Browser"). Semua komputer lain menghubungi komputer ini untuk informasi dan tampilan di jendela Network Neighborhood (Wikipedia, Browser service, 2010).


DAFTAR PUSTAKA

Hendri. (2014). Cara Mengatasi dan Mempercepat Internet yang Lambat . Blitar: http://hedryiks.blogspot.co.id/2014/09/cara-mengatasi-dan-mempercepat-internet.html.

Siswidyantoro, I. (2011). Mempercepat koneksi speedy. Blitar: http://jus-ilmu.blogspot.co.id/2011/08/mempercepat-koneksi-speedy.html.

Wikipedia. (2010). Browser service. Retrieved 11 16, 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/Browser_service

Wikipedia. (2016). Protokol Transfer Hiperteks. Blitar: https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks.

Wikipedia. (2016). Server Message Block. Blitar: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block.


Sekolah            :  SMK Islam 1 Blitar

Hobby             : Bermain

Motto              : ”Berfikirlah Sebelum Bertindak”

Pelajaran          : Rancang Bangun Jaringan


Download Word disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar