Rabu, 09 November 2016

02-Agil Bastira-Penyambungan WAN perusahaan

Penyambungan WAN perusahaan
Oleh: Agil Bastira





1.      Peralatan WAN
Seperti LAN (Local Area Network), terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN (komputerlamongan, 2015). Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :
Router
ATM Switch
Modem and CSU/DSU
Communication Server
Multiplexer
25/Frame Relay Switches

2.      Teknologi WAN
Wide area network (WAN) digunakan untuk saling menghubungkan jaringan-jaringan yang secara fisik tidak saling berdekatana terpisah antar kota, propinsi, atau bahkan terpisahkan benua melewati batas wilayah negara satu sama lain. Koneksi antar remote jaringan ini umumnya dengan kecepatan yang sangat jauh lebih lambat dari koneksi jaringan local lewat kabel jaringan. Saat ini banyak tersedia Teknologi WAN yang disediakan oleh banyak operator penyedia layanan (ISP) (BERBAGAI MACAM TEKNOLOGI WAN, 2013).

3.      Standar WAN
WAN juga mendefinisikan standard WAN yang umumnya menjelaskan metoda-metoda pengiriman layer physical dan juga kebutuhan-kebutuhan layer Data Link meliputi addressing dan encapsulation flow control (dtcnet, 2012).

4.      Akses WAN
Protocol WAN pada layer Data Link menjelaskan bagaimana frame dibawah antar system melalui jalur tunggal. Protocol-protocol ini didesign untuk beroperasi melalui koneksi dedicated Point-to-Point, multi-point, dan juga layanan akses multi-Switched seperti Frame relay.

5.      Perilaku paket dan sirkit switching
X.25 dispesifikasikan oleh ITU-T suatu teknologi paket Switching melalui PSTN.X.25 dibangun berdasarkan pada layer Physical dan Data Link pada model OSI.
Awalnya X.25 menggunakan line analog untuk membentuk jaringan paket switching, walaupun X.25 bisa saja dibangun melalui jaringan digital.

6.      Last mile dan teknologi WAN jarak jauh
The last mile atau kilometer terakhir adalah ungkapan sehari-hari banyak digunakan dalam industri telekomunikasi, televisi kabel dan internet untuk merujuk pada kaki akhir dari jaringan telekomunikasi yang memberikan layanan telekomunikasi untuk ritel pengguna akhir (pelanggan). Lebih khusus, mil terakhir mengacu pada bagian dari rantai jaringan telekomunikasi yang secara fisik mencapai tempat akhir-pengguna (Wikipedia, 2013).
jaringan WAN meggunakan teknologi jaringan yang memanfaatkan perpaduan antara sinyal analog dengan sinyal digital dalam melakukan peroses transmisi dalam jarak yang jauh (anneahira, 2014).


DAFTAR PUSTAKA

BERBAGAI MACAM TEKNOLOGI WAN. (2013). Retrieved November 16, 2016, from http://www.dtcnetconnect.com/AMP/index.php/blogs/302-berbagai-macam-teknologi-wan

anneahira. (2014). jaringan WAN - Penghubung Internet Jarak Jauh . Retrieved November 10, 2016, from http://www.anneahira.com/jaringan-wan.htm

dtcnet. (2012). BERBAGAI MACAM TEKNOLOGI WAN. Retrieved November 10, 2016, from http://www.dtcnetconnect.com/AMP/index.php/blogs/302-berbagai-macam-teknologi-wan

komputerlamongan. (2015, 2 25). Infrastruktur WAN (Wide Area Network). Retrieved November 16, 2016, from http://komputerlamongan.com/perangkat-jaringan-wan/

Wikipedia. (2013). Last mile. Retrieved November 10, 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/Last_mile


Sekolah           : SMKIslam 1 Blitar

Hobby             : Bermain

Motto              : ”Berfikirlah Sebelum Bertindak”

Pelajaran          : Rancang Bangun Jaringan


 Download word disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar